Resep Wajik Ketan Tradisional Khas Nusantara

Cara membuat kue wajik ketan khas nusantara, Sudah pada tahu belum ?

Menumasak.com – Wajik ketan salah satu dari kue  tradisional nusantara yang populer dan juga sebagai menu masakan khas indonesia. Seperti namanya kue ini berbentuk wajik dan bahan utamanya menggunakan beras ketan dan campuran aroma daun pandan. Cita rasa khas manis legit dan beraroma daun pandan menjadi ciri khas tersendiri, wajar saja jika kue wajik ketan menjadi salah satu kue favorit oleh kebanyakan orang.

Resep wajik ketan

Kue wajik ketan ini biasanya dibuat ketika ada acara-acara tradisional tertentu,  seperti pernikahan, selamatan, dll. Namun apakah kita sudah tahu bagaimana cara membuatnya? Apa saja bahan-bahan yang digunakan ? yuk kita intip dibawah ini…

Bahan wajik ketan tradisional nusantara :

  • 500 gram beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 200 ml air mendidih
  • 3 lembar daun pandan
  • ¾ sdt garam


Cara membuat wajik ketan tradisional nusantara :

  1. Langkah pertama, kukus ketan selama kurang lebih 15 menit, angkat lalu siram dengan menggunakan air mendidih, lalu diamkan sampai terserap.Kukus ketan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah itu masak santan, daun pandan, gula merah dan garam sambil diaduk sampai berminyak. Kemudian masukkan ¾ bagian ketan,  aduk sampai terserap dan berminyak. Lakukan hal yang sama  pada sisa ketan tetapi tanpa memakai gula merah.
  3. Siapkan loyang dengan bentuk persegi ukuran 22 cm, olesi loyang dengan menggunakan minyak, lalu alasi dengan daun pisang. Tuangkan dan ratakan wajik putih ke dalam loyang tersebut, lalu masukkan wajik gula merah di atasnya. Jika sudah dingin, Potong-potong .

Nb : Pastikan larutan gula benar" kental.

Nah… bagaimana para pencinta kuliner, mudah bukan cara membuat wajik ketan ? anda bisa mencoba dirumah masing-masing, jangan dirumah tetangga ntar bisa dimarahi loh ya… kecuali sudah ada ijin :D. semoga artikel resep membuat wajik ketan ini dapat membatu teman-teman pecinta kuliner indonesia, selamat memasak….

Previous
Next Post »